Mengembalikan data dan file dari flash disk yang rusak

Posted by

Jangan panik dan khawatir jika flash disk yang anda miliki mengalami kerusakan, karena masih ada cara untuk mengembalikan data-data penting anda dari flash disk yang rusak tersebut. Kerusakan flash disk biasanya diakibatkan oleh beberapa hal, seperti virus ataupun terformat secara tidak sengaja. File atau data tersebut tidak hilang selamanya. Dengan sedikit usaha, sebagian besar data atau file tersebut dapat dikembalikan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan data dan file dari flash disk yang sudah rusak. 

Masukkan flash disk anda ke port USB pada komputer atau laptop anda. Jika anda menggunakan Windows 7, klik "Start", kemudian kettikan "Run" pada kolom pencarian. Setelah hasil pencarian ditampilkan anda akan menemukan aplikasi Run pada bagian program, klik untuk membuka aplikasi tersebut. Setelah jendela aplikasi tersebut ditampilkan, ketikkan "Chkdsk e: /r" pada kotak perintah kemudian klik "OK", untuk memulai proses pemulihan data dari flash disk anda. 

Ketikkan "Y" jika muncul pertanyaan apakah anda ingin menyimpan data yang telah hilang. Kemudian tekan "Enter". Ulangi kembali proses Check Disk seperti sebelumnya jika ada file yang ditemukan mengalami kerusakan. Ketikkan "Chkdsk e: /f" pada kolom Run untuk melakukannya. Perintah ini untuk melakukan perbaikan pada file yang rusak tersebut. 

Selain cara yang telah disebutkan diatas, cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan data atau file dari flash disk yang rusak adalah dengan menggunakan software recovery data yang banyak  beredar di internet saat ini, seperti Get Data Back, TestDisk, USB Drive Data Recovery dan yang lainnya. Download ke komputer anda, instal kemudian jalankan software aplikasi tersebut dan ikuti instruksi bagaimana cara mengembalikan data dan file anda dari flash disk yang rusak. 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 08.11

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive