Jenis - jenis hub pada sistem jaringan komputer

Posted by

Hub adalah perangkat elektronik yang menghubungkan beberapa komputer dalam jaringan agar dapat saling berkomunikasi, seperti mengirim dan menerima data dan informasi serta mengakses koneksi internet.

Hub Ethernet

Jika orang berbicara mengenai "hub" pada jaringan, itu berarti sebuah hub Ethernet. Hub Ethernet berfungsi menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan melalui menggunakan kabel Ethernet. Hub Ethernet yang lama menggunakan koneksi 10/100 yang berarti perangkat tersebut mendukung proses transfer data dengan kecepatan antara 10 megabit per detik (mbps) dan 100 mbps. Sementara untuk hub Ethernet terbaru saat ini, sudah mendukung kecepatan transfer data hingga 1000 mbps.

Switch

Switch adalah perangkat lain yang membantu proses transfer data antara beberapa komputer dalam suatu jaringan. Perbedaan mendasar antara hub dan switch adalah cara perangkat tersebut menangani lalu lintas data yang dikirim melalui jaringan. Ketika komputer mengirimkan data ke hub, hub mengirimkan setiap paket data untuk setiap komputer yang terhubung ke hub. Jika beberapa komputer mengirimkan data secara bersamaan, data tersebut akan bertabrakan sehingga setiap komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut tidak dapat menerima paket data dari hub dengan normal.
Namun, ketika data yang dikirimkan oleh komputer menggunakan switch, switch hanya mengirimkan data ke komputer yang ditentukan sebagai penerima data, tanpa mengirimkan data tersebut ke komputer lainnya dalam jaringan. Hal ini akan meningkatkan kecepatan transfer data antar komputer dan switch dalam jaringan tersebut tanpa takut akan terjadinya tabrakan dan memungkinkan terjadinya proses transfer data secara serentak. 

Router

Router biasanya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan, seperti menghubungkan jaringan rumah, kantor, sekolah dan kampus dengan jaringan internet. Dengan menghubungkan switch atau hub sebuah jaringan, dengan router yang terkoneksi dengan internet, maka setiap komputer pada jaringan tersebut akan dapat mengakses koneksi internet secara bersamaan. Saat ini router tidak hanya dapat terhubung dengan menggunakan kabel Ethernet, tetapi juga sudah dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi atau perangkat nirkabel.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.32

Blog Archive