Masalah pada Blackberry Curve



Smartphone Blackberry Curve dapat mengalami berbagai masalah saat digunakan. Hal ini bisa disebabkan aplikasi, memori atau kegagalan kinerja sistem secara keseluruhan. Namun, anda dapat memperbaiki hampir semua masalah pada Blackberry Curve melalui beberapa langkah pemecahan masalah sederhana berikut ini.

Perangkat Blackberry melakukan Reboot secara berulang-ulang

Masalah yang umum dialami oleh Blackberry Curve adalah mati dan nyala (reboot) dengan sendirinya secara berulang-ulang. Jika anda menggunakan kartu memori (memory card) pada Blackberry anda, hal ini bisa menyembabkan munculnya masalah tersebut. Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah mengeluarkan kartu memori dan baterai dari Blackberry Curve anda. Setelah kurang lebih 30 detik, masukkan hanya baterai ke dalam perangkat smartphone anda. Apabila Blackberry Curve berjalan normal, berarti masalahnya terdapat pada kartu memori anda. Anda dapat memperbaiki kartu memori anda terlebih dahulu sebelum menggantinya dengan yang baru.

Masukkan kartu memori anda ke dalam card reader dan hubungkan dengan komputer anda melalui slot USB. Buka menu "Start", kemudian klik "My Computer" dan klik dua kali ikon kartu memori yang telah terdeteksi di komputer anda. Setelah itu, copy semua file atau dokumen yang ada di kartu memori dan pindahkan ke salah satu folder di hard disk komputer anda. Kemudian klik kanan ikon memori card di "My Computer", pilih "Format" dan "Start". Ketika proses format selesai, masukkan kembali kartu memori anda ke dalam Blackberry Curve, dengan mematikan perangkat anda terlebih dahulu, mencabut baterai, memasukkan kartu memori, memasang baterai kembali dan tunggu hingga Blackberry anda menyala dan dapat digunakan.

Aplikasi yang Hilang

Banyak pengguna Blackberry Curve mengalami masalah yaitu hilangnya aplikasi yang sebelum terinstal. Untuk mengembalikan aplikasi yang hilang tersebut dan memperbaikinya, anda harus melakukan proses "Wipe" atau pembersihan pada Blackberry Curve anda. Sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya anda mem-backup data, kontak dan hal-hal penting lainnya dari Blackberry Curve anda.

Setelah anda melakukan back-up, dari layar utama Blackberry Curve anda, klik "Options", kemudian "Security Options", dan "General Settings". Tampilkan semua opsi yang terdapat pada menu dengan menekan tombol "menu". Pilih opsi "Wipe Handheld". Untuk melanjutkan proses "wipe" tersebut, klik "Continue" dan tekan tulisan "Blackberry", untuk menyelesaikan prosesnya. Blackberry Curve anda akan mati secara otomatis dan menyala kembali pada saat proses "Wipe" selesai, kemudian daftarkan perangkat anda ke jaringan provider, dan kembalikan semua file, data, aplikasi, kontak yang telah anda back-up sebelumnya.

Hilangnya aplikasi Pesan Singkat (Instant Messaging)

Karena mengalami masalah pada software dan jaringan, Blackberry Curver anda mungkin tidak memiliki aplikasi Instant Messanging (IM), seperti Yahoo! Messenger, AIM, Windows Messenger dan yang lainnya. Hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah melakukan pendaftaran ulang pada jaringan provider anda. Buka layar utama Blackberry Curve anda dan pilih ikon "Options" dan kemudian pilih "Advance Options". 'Untuk melakukan pendaftaran, pilih "Host Routing Tabel", kemudian pilih "Menu" dan pilih "register Now" untuk mendapatkan konfirmasi pendaftaran. Setelah muncul pesan konfirmasi, tekan tombol "Back" untuk kembali ke layar utama. Anda akan menemukan ikon untuk semua aplikasi Instant Messaging (IM) telah ditampilkan dan siap anda gunakan.

Tidak dapat terhubung ke Wi-Fi

Ada beberapa masalah yang menyebabkan Blackberry Curve tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi. Pertama, atur perangkat anda ke "Airplane Mode". Pengaturan ini akan menghalangi koneksi apa saja dan menghalangi kemampuan untuk melakukan panggilan. Untuk memilih "Airplane Mode", tekan tombol "Menu", kemudian pilih "Manage Connections", kemudian "Mobile Network". Silahkan pilih "Airplane Mode".Jika anda masih mengalami masalah, matikan perangkat Blackberry Curve anda dan nyalakan kembali. Jika tetap bermasalah, lakukan "hard reset", yaitu dengan cara mencabut baterai Blackberry Curve anda, tunggu beberapa saat kemudian pasang kembali baterai tersebut.

Tidak dapat mengakses file yang terdapat di kartu memori di komputer

Ketika anda menghubungkan Blackberry Curve anda ke komputer melalui kabel USB, kartu memori tidak muncul di aplikasi Blackbery Media Manager. Hal ini akan menghalangi anda untuk mengakses file yang tersimpan di kartu memori.Untuk memperbaiki hal ini, masukkan kabel USB ke port yang lain di komputer anda, cobalah beberapa kali hingga kartu memori anda dikenali oleh komputer.


 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors