Gmail pada Android tidak bisa mengirim email

Posted by

Sejak Google mengembangkan sistem operasi Android dan aplikasi Gmail pada Android, keduanya dapat bekerja dengan baik, tetapi saat ini terdapat beberapa masalah yang terjadi. Jika anda mencoba mengirim sebuah email tetapi menerima pesan kalau email anda tidak bisa dikirim, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi, dan hal ini dapat diselesaikan dengan melakukan pengecekan dan beberapa perubahan.


Akses Internet


Sebelum melakukan sesuatu, anda harus memastikan bahwa perangkat anda apakah itu smartphone atau tablet terkoneksi dengan internet. Jika tidak, maka hal itu mungkin jadi salah satu kenapa anda tidak dapat mengirim email. Anda dapat melihat di pojok kanan atas layar untuk melihat indikator jangkauan jaringan. Anda akan tahu apakah anda memiliki akses melalui jaringan seluler anda jika melihat ikon "E", "3G" atau "4G" berwarna hijau, dan juga ikon berwarna hijau berbentuk segitiga yang berarti anda memiliki akses Wifi. Jika semua ikon tersebut berwarna putih, artinya koneksi jaringan anda tidak aktif, dan mungkin anda harus mencari tempat yang lebih baik untuk mendapatkan sinyal dari provider seluler anda.

Solusi Dasar

Kadang-kadang solusinya adalah semudah membuka pesan dan menekan tombol "Kirim" lagi, terkadang email yang anda kirimkan tidak terkirim karena anda tidak memiliki akses internet pada saat pertama kali mengirimkannya. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah menekan tombol Menu dan tekan tombol "Refresh" untuk mencoba melakukan sinkronisasi ulang dengan server Gmail. Jika hal tersebut juga tidak memberikan dampak apapun, ada baiknya anda mematikan perangkat anda dan menyalakannya kembali kemudian mencoba mengirim ulang email anda.

Sinkronisasi otomatis (Auto-Sync)

Email tidak akan terkirim apabila sinkronisasi otomatis (auto-sync) pada Android dinonaktifkan. Menonaktifkan fitur ini dapat membantu anda mengurangi penggunaan data, tapi dalam beberapa kasus email tidak terkirim apabila anda tidak melakukan tindakan tambahan pada saat mengirim sesuatu. Anda dapat memeriksa fitur ini dengan kembali ke layar "Home" dan menekan tombol "Menu" kemudian "Setting" dan selanjutnya "Accounts & Sync". Kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Auto-sync pada menu ini, dan anda juga dapat mengaktifkan dan menonaktifkan "Background data". Background data-lah yang mengendalikan auto-sync, jika itu nonaktif, maka auto-sync juga akan nonaktif secara otomatis. Anda dapat mengaktifkan keduanya secara bersamaan, walau hanya untuk sementara, untuk mencoba mengirimkan email melalui Gmail.

Menghapus Cache

Pada beberapa kasus, data yang tersimpan pada cache aplikasi Gmail dapat mengaburkan kesalahan pada saat pengguna Android mendapatkan masalah pada saat mengirim email. Jika anda menghapus cache pada Gmail tersebut, anda tidak akan kehilangan data-data penting, tapi hal tersebut dapat memperbaiki kesalahan pada saat anda memiliki masalah dalam mengirim email. Kembali ke layar "Home" kemudian tekan tombol "Menu", setelah itu tekan "Manage Apps", dan terakhir tekan label "All". Temukan aplikasi Gmail kemudian tekan tombol "Clear cache".


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 13.52

Blog Archive