Menghubungkan router wireless Linksys dengan modem ADSL

Posted by

Jika anda ingin membagi koneksi internet ADSL anda dengan komputer lain dalam jaringan wireless di rumah atau di kantor anda, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghubungkan modem ADSL dengan router wireless Linksys. Meskipun hal tersebut terlihat sederhana dan mudah, jika dilakukan dengan cara yang tidak benar, komputer dalam jaringan anda tidak akan dapat mengakses koneksi internet.

Langkah-langkah untuk menghubungkan router wireless Linksys dengan modem ADSL :

1. Matikan modem ADSL dan cabut power adaptor dari router wireless Linksys. Putuskan modem ADSL jika terhubung ke komputer.

2. Colokkan salah satu ujung kabel ethernet ke port ethernet di komputer anda, dan ujung kabel yang satu lagi ke port internet pada router wireless Linksys.

3. Colokkan salah satu ujung kabel ethernet lainnya ke port yang terdapat di router wireless Linksys, dan ujung kabel yang satunya ke port yang ada di modem ADSL.

4. Nyalakan modem ADSL dan sambungkan power adaptor router wireless Linksys untuk menyalakannya. Nyalakan komputer anda dan buka browser, ketikkan "192.168.1.1 pada kolom browser dan tekan "Enter" pada keyboard.

5. Setelah itu akan terbuka halaman pengaturan modem anda. Pada bagian "Setup", pilih "Basic Setup". Pada menu yang ditampilkan, klik pada bagian "Internet connection type", pilih tipe koneksi ADSL yang anda gunakan. Isilan tipe koneksi yang diberikan oleh penyedia jasa layanan internet (ISP) anda. Jika anda tidak menemukan tipe koneksi ADSL anda, pilih "Automatic Configuration - DHCP".

6. Isikan username dan password yang diberikan oleh ISP anda agar dapat tersambung ke internet melalui modem ADSL anda. Setelah itu klik "Save" untuk menyimpan pengaturan yang telah anda buat.

7. Buka web browser dan cobalah untuk membuka halaman website apakah koneksi internet dari modem ADSL anda telah terhubung. Apabila anda telah dapat membuka beberapa situs, berarti koneksi internet anda telah terhubung, dan komputer lainnya yang terhubung dengan router wireless Linksys anda juga telah dapat terhubung dengan koneksi internet.

Jika anda tidak dapat mengakses koneksi internet melalui modem ADSL anda, anda dapat mengatasinya dengan cara mematikan modem ADSL dan router wireless anda. Tunggu beberapa saat, kemudian nyalakan kembali modem ADSL dan router wireless Linksys anda.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12.22

0 komentar:

Blog Archive