Menghubungkan dua komputer dengan sebuah modem USB 3G

Posted by

Menghubungkan dua buah komputer dengan sebuah modem USB 3G akan mempermudah kita membagi koneksi internet broadband. Menggunakan fitur ICS (Internet Connection Sharing) di Windows akan mempermudah melakukan pengaturan, tetapi agar dua komputer tersebut dapat terhubung dengan modem USB 3G, harus memiliki perangkat adapter WiFi pada masing-masing komputer.

Langkah pertama yang harus dilakuakn adalah mengaktifkan fitur ICS pada komputer pertama (host), yaitu dengan cara :

1. Buka menu "Start", kemudian klik "Control Panel". Setelah itu buka "Network and Sharing Center", klik pada bagian "Manage Network Connections" untuk melihat perangkat jaringan yang terhubung dengan komputer anda, dimana salah satunya adalah modem USB 3G.

2. Klik kanan pada bagian koneksi modem USB 3G yang akan anda bagikan, kemudian klik "Properties". Koneksi modem USB 3G anda akan mudah diidentifikasi karena memiliki nama dan model tersendiri.

3. Centang kotak dengan tulisan "Allow other network users to connect through this computer's Internet connection" untuk mengaktifkan fitur ICS, setelah itu klik "OK".

Setelah mengaktifkan fitur ICS, langkah selanjutnya adalah memulai Jaringan Ad Hoc, dengan cara :

1. Klik menu "Start" dan ketikkan "Network and Sharing Center" di kotak pencarian yang ada di bagian bawah menu Start.

2. Pilih "Setup up a connection or network", kemudian pilih "ad hoc" sebagai tipe jaringan untuk melanjutkan pengaturan.

3. Masukkan hal-hal yang diperlukan untuk pengaturan jaringan anda, seperti nama jaringan pada bagian "Network Name" dan pilih jenis keamanan yang akan anda gunakan, apakah menggunakan WEP atau WPA, setelah itu ketikkan passwordnya.

4. Klik "Next" dan kemudian klik "Closse" untuk menyelesaikan konfigurasi yang telah anda lakukan.

Langkah terakhir yang anda lakukan adalah menghubungkan komputer kedua (klien), dengan cara :

1. Pilih ikon "Network" yang ada di bagian pojok kanan bawah taskbar komputer anda. Pilih nama jaringan yang telah dibuat sebelumnya dan klik tombol "Connect".

2. Masukkan password pada pada kolom yang disediakan dan klik "Next" untuk menyelesaikan pengaturan.

3. Buka browser anda, dan coba untuk membuka halaman website untuk memastikan apakah anda telah terhubung dengan koneksi internet melalui modem USB 3G dari komputer pertama (host).


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12.25

Blog Archive