Manfaat jaringan komputer di rumah

Posted by

Pengguna komputer yang memiliki lebih dari satu komputer bisa mendapatkan keuntungan dan manfaat dengan membangun jaringan komputer di rumah. Dengan adanya jaringan komputer, pengguna dapat mengatur sistem pembagian informasi, penggunaan perangkat eksternal dan printer serta bermain game multi-player dengan beberapa orang dalam satu jaringan komputer. Pengguna jaringan juga dapat melakukan koneksi internet dari mana saja melalui jaringan komputer rumah. Proses instalasi jaringan di rumah tidaklah terlalu rumit dan tidak membutuhkan biaya yang begitu besar.

Fakta

Anda dapat menginstal jaringan di rumah dengan menggunakan kabel atau wireless (jaringan tanpa kabel). Mengatur jaringan menggunakan perangkat wireless bisa dikatakan cukup praktis, karena anda tidak perlu membeli kabel lan untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya.

Untuk membangun jaringan komputer di rumah anda dengan wireless, anda perlu membeli router wireless yang berfungsi menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya. Agar komputer anda dapat terhubung dengan router wireless, anda perlu membeli kartu ekspansi wireless yang dipasang di komputer anda agar dapat terhubung ke router. Sedangkan apabila anda menggunakan laptop, biasanya sudah memiliki fasilitas wireless sehingga bisa langsung dihubungkan dengan router wireless anda.

Sejarah

Institute of Electrical and Electronic Engineers atau IEEE telah merilis spesifikasi 802.11 pada frekuensi radio, agar dapat mentrasmisikan data melalui gelombang radio. Hal inilah yang dilakukan oleh router wireless untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan komputer di rumah.

Dalam memilih sebuah router wireless sebaiknya anda sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran dana anda. Pastikan router yang anda pilih nantinya memiliki fitur seperti WAP atau wireless access point dan gateway untuk broadband internet.

Tipe

Untuk model standar router wireless 802.11n, kecepatan yang dihasilkan adalah 100 megabit per detik dan frekuensi radio 2,4 gigahertz.

Untuk model standar router wireless 802.11g, kecepatan yang dihasilkan adalah 54 megabit per detik dan frekuensi radio 2,4 gigahertz.

Untuk model standar router wireless 802.11, kecepatan yang dihasilkan adalah 100 megabit per detik dan frekuensi radio 2,4 gigahertz.

Untuk model standar router wireless 802.11b, kecepatan yang dihasilkan adalah 11 megabit per detik dan frekuensi radio 2,4 gigahertz.

Untuk model standar router wireless 802.11a, kecepatan yang dihasilkan adalah 54 megabit per detik dan frekuensi radio 5 gigahertz.

Fitur

Router wireless adalah sebuah perangkat jaringan yang handal dan cepat. Sebagian besar router memiliki empat buah port, tetapi anda dapat membeli router dengan jumlah port yang lebih banyak jika anda sedang membangun sebuah jaringan yang lebih besar. Jika anda berencana untuk melakukan video streaming melalui jaringan anda, sebaiknya anda membeli router yang memiliki switch dengan satuan kecepatan gigabit.

Peringatan

Setelah anda menginstal jaringan komputer dengan teknologi wireless di rumah anda, anda harus melindungi jaringan anda dari akses yang tidak sah dan berbahaya. Anda dapat menginstal firewall untuk membantu anda menjaga agar informasi dan data yang tersimpan di dalam komputer jaringan rumah anda tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berkepentingan, serangan virus, trojan dan hal-hal berbahaya lainnya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 15.08

Blog Archive