Tipe - tipe jaringan komputer

Posted by

Komputer anda dapat berkomunikasi dengan komputer lain di kantor, di tempat-tempat umum, bahkan di seluruh dunia karena adanya jaringan. WWW (World Wide Web) adalah sistem sumber informasi yang saling berhubungan, namun akan menjadi tidak akan berarti tanpa adanya jaringan yang memungkinkan komputer untuk mengakses informasi dan berkomunikasi satu sama lain.

Local Area Network (LAN) atau Jaringan Area Lokal

LAN adalah hubungan antara beberapa komputer yang berada pada area yang kecil seperti rumah, kantor, kampus dan sekolah. LAN relatif lebih sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang besar untuk membangunnya. Tetapi LAN juga dapat diperluas menjadi jaringan yang lebih besar tetapi tetap pada area yang sama, seperti antara gedung kampus yang satu dengan yang lain, gedung kantor yang memiliki beberapa lantai dan yang lainnya.

Metropolitan Area Network (MAN) atau Jaringan Area Metropolitan

Ketika dua atau lebih jaringan LAN terhubung secara bersama-sama disebut dengan Metropolitan Area Network (MAN) atau jaringan area metropolitan. Beberapa jaringan LAN yang dihubungkan menjadi MAN dilakukan melalui koneksi kecepatan yang sangat tinggi, seperti menggunakan kabel serat optik. Dalam banyak kasus, jaringan area metropolitan atau MAN dioperasikan oleh badan pemerintah dan perusahaan-perusahaan besar, seperti penyedia layanan TV kabel, agar layanan mereka dapat menjangkau rumah-rumah di pinggiran kota.
Wide Area Network (WAN) atau Jaringan Area Luas

Sebuah jaringa area yang luas atau WAN mencakup wilayah geografis yang luas, seperti sebuah propinsi, kabupaten dan bahkan sebuah negara. Jaringan WAN dapat berdiri sendiri, tetapi hampir selalu terhubungan dengan LAN dan MAN. Jaringan WAN memanfaatkan peralatan jaringan yang sangat banyak dan membutuhkan biaya yang mahal dalam proses pembangunannya. Jaringan WAN juga biasanya dioperasikan oleh perusahaan besar dan perusahaan komunikasi yang diperlukan untuk proses berbagi data dan informasi yang bisa mencakup area atau daerah yang luas.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20.22

Blog Archive