Spesifikasi motherboard komputer

Posted by

Motherboard adalah komponen utama dari sebuah komputer. Spesifikasi sebuah komputer menentukan kecepatan komunikasi antar komponen, jumlah memori komputer dan menangani kapasistas sistem untuk melakukan upgrade. 


Kecepatan FSB

FSB atau front side bus berfungsi untuk menyediakan jalur yang memungkinkan prosesor komputer berkomunikasi dengan memori sistem atau RAM. Semakin cepat FSB data dari RAM akan lebih cepat sampai ke prosesor. Prosesor dan memori tidak bisa berfungsi jika tidak kompatibel dengan FSB motherboard.

Konfigurasi RAM

RAM berbentuk chip yang terhubung secara langsung ke slot yang terdapat di motherboard. Ada beberapa jenis RAM, yaitu SDRAM, DDR 1, DDR2, DDR3. Demikian juga jumlahnya, ada yang 256Mb, 512Mb, 1GB, 2GB, 4GB dan seterusnya. 

Slot Expansi

Kebanyakan motherboard komputer memiliki soket yang memungkinkan kita untuk menambah hardware (perangkat keras) untuk meningkatkan performa komputer seperti VGA Card atau Sound Card. Soket ini terdiri dari AGP dan juga PCI.    

Selain yang disebutkan di atas, motherboard juga terdiri dari beberapa slot atau soket yang lainnya yang berfungsi sebagai tempat memasang hard disk, keyboard, mouse, modem, usb, power listrik dan yang lainnya agar komputer dapat dinyalakan dan digunakan. 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 11.54

Blog Archive