Memperbaiki startup Windows XP yang lambat

Posted by

Tidak seorangpun yang suka jika sistem operasi Windows XP komputernya berjalan lambat saat startup. Saat komputer melakukan startup kita ingin saat itu komputer siap untuk digunakan. Hal-hal di bawah ini mungkin dapat membantu anda jika Windows XP anda lambat saat startup.

  • Langkah pertama yang dapat anda lakukan jika startup Windows XP lambat adalah mengetahui program apa saja yang berjalan saat startup Windows XP. Untuk mengetahuinya klik tombol Start, pilih Run, kemudian ketik msconfig di kolom Run dan tekan Enter. Lihat bagian Boot.ini. Di kotak label Timeout ganti waktunya dari 30 menjadi 3. Hal ini akan mengubah waktu yang diperlukan untuk menunggu sebelum booting. 
  • Setelah itu klik bagian label Startup. Anda akan melihat program aplikasi apa saja yang berjalan saat startup Windows XP. Hilangkan tanda centang pada kotak program yang tidak diperlukan pada saat startup. 
  • Buka website download.com dan download program aplikasi Registry Cleaner. Dapatkan program yang sudah terkenal dan banyak digunakan. Setelah anda download dan instal, jalankan program aplikasi registry cleaner tersebut. Sebelumnya lakukan backup registri terlebih dahulu untuk menghindari adanya registri yang error nantinya. Program registri cleaner tersebut akan menghapus kode registri yang lama yang tidak dibutuhkan lagi, sehingga dapat membantu mempercepat startup Windows XP komputer anda.
  • Menambah RAM. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa sistem komputer berjalan lambat, karena kekurangan memori. Tambahkan kepingan RAM di komputer anda dapat menambah kecepatan tidak hanya startup tapi juga program lainnya di komputer anda.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 12.59

Blog Archive