Memilih komponen hardware (perangkat keras) komputer

Posted by

Sebelum membeli sebuah komputer, anda harus mengetahui komponen hardware (perangkat) keras yang cocok untuk anda gunakan yang sesuai dengan kebutuhan anda, apakah itu untuk mengedit foto, multimedia, desain grafis dan animasi, membuat program aplikasi, bermain games atau hanya untuk menangani pekerjaan yang ringan-ringan saja.

Motherboard. Motherboard adalah salah satu bagian terpenting saat anda membeli komputer. Saat anda membeli motherboard, sesuaikan dengan untuk apa komputer tersebut nantinya digunakan. Mengedit foto, multimedia, desain grafis dan animasi, membuat program aplikasi, bermain games dan yang lainnya. Jika anda berencana menggunakan prosesor (CPU) terbaru, anda harus memastikan bahwa motherboard yang anda beli kompatibel dengan prosesor tersebut. Anda harus mengetahui keuntungan dan keterbatasan yang dimiliki oleh motherboard yang akan anda beli, apakah sudah mendukung dengan prosesor keluaran terbaru, memiliki berapa banyak slot RAM, slot USB, memiliki slot untuk VGA keluaran terbaru dan yang lainnya. 

Prosesor (CPU). Saat membeli prosesor, pastikan sesuai dengan model, konfigurasi pin dan kecepatan FSB yang sesuai dengan motherboard anda. Jika anda ingin merakit komputer yang canggih, tangguh dan keluaran terbaru, sebaiknya anda menggunakan prosesor Intel Core 2 Quad, Intel iCore 3, Intel iCore 5, Intel iCore 7, AMD Phenom II X6, AMD Athlon II X3 dan keluaran terbaru lainnya.

RAM. RAM juga memiliki peran yang signifikan untuk menentukan seberapa cepat dan efisien komputer anda saat digunakan. Jika anda nantinya menggunakan banyak program aplikasi yang berat untuk pekerjaan anda, minimal anda menggunakan RAM dengan kapasitas 2GB - 4GB, untuk mengoptimalkan kinerja dan performa komputer anda.

Power Supply. Power supply biasanya sudah ada saat anda membeli casing komputer. Anda harus pastikan bahwa power supply tersebut cocok dan mampu menjalankan semua hardware komputer anda dengan normal. Standar daya listrik untuk power supply pada casing adalah 350 watt, tetapi anda dapat meningkatkan daya listriknya dengan mengganti power supply tersebut dengan daya 450 watt atau diatasnya, agar performa komputer anda lebih optimal.

CD/DVD-ROM. Anda juga harus membeli CD/DVD-ROM untuk kebutuhan saat menginstalasi sistem operasi, menginstal driver perangkat keras, menginstal program aplikasi, memutar lagu atau film, serta untuk menyimpan file atau data ke dalam CD/DVD.

Hard Disk. Sesuaikan kapasitas hard disk yang akan anda beli dengan kebutuhan anda. Paling tidak untuk diawal, sebaiknya anda membeli hard disk dengan kapasitas 120 GB atau 160 GB, untuk mengantisipasi jika nantinya anda membutuhkan space yang lebih besar untuk instalasi program aplikasi dan menyimpan data-data pekerjaan anda.

Kartu Grafis (VGA Card). Jika komputer anda nantinya digunakan untuk keperluan desain grafis, desain animasi, multimedia ataupun bermain games, sebaiknya anda membeli kartu grafis atau VGA tambahan untuk meningkatkan performa dan kinerja grafis komputer anda.

Sistem Operasi (OS). Sangat penting untuk memilih sistem operasi yang sangat cocok dengan kebutuhan anda. Ada banyak sistem operasi yang dapat anda instal di komputer anda, seperti Windows XP, Windows 7 atau Linux, tinggal menyesuaikan dengan keperluan anda.

Hardware atau perangkat keras lainnya yang anda perlukan saat membeli sebuah komputer agar dapat berjalan dengan normal adalah mouse, keyboard, speaker, scanner dan printer. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang anda miliki untuk membelinya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 23.09

Blog Archive