Membangun sebuah server jaringan komputer

Posted by

Jika saat ini anda berfikir untuk membuat sebuah server jaringan komputer, dengan mempertimbangkan fleksibilitas yang nantinya dapat mengontrol akses internet, arus data dan informasi melalui jaringan anda. Maka sebuah server jaringan membutuhkan infrastruktur yang stabil agar dapat mengelola arus lalu lintas internet, data dan informasi yang tinggi.

Perlu diketahui bahwa server jaringan membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang lebih canggih dan tangguh dibanding dengan komputer biasanya. Banyak administrator jaringan lebih suka menggunakan kabel Ethernet gigabit karena kecepatan dan kehandalannya, agar arus lalu lintas internet, data dan informasi pada jaringan tersebut dapat berjalan dengan baik dan stabil.

  • Lokasi server jaringan. Karena semua komputer yang merupakan bagian dari jaringan akan terhubung ke server, anda harus mempertimbangkan dimana lokasi server akan anda tempatkan, termasuk komputer, hub, modem, switch. Usahakan posisi server jaringan berada di tengah agar mudah untuk diakses oleh komputer lainnya menggunakan kabel ethernet. 
  • Menghubungkan server dengan komputer klien. Colokkan kabel jaringan eternet di port switch atau hub yang kosong, untuk setiap komputer klien dari jaringan anda. 
  • Menghubungkan kabel jaringan dengan komputer klien. Setelah anda menghubungkan kabel jaringan ke server melalui switch atau hub, hubungkan kabel tersebut dengan komputer klien pada jaringan anda, dengan mencolokkan kabel jaringan pada port ethernet yang ada di komputer klien. 
  • Konfigurasi jaringan pada komputer klien. Setelah anda menghubungkan setiap kabel jaringan dari komputer klien ke server, lakukan pengaturan pada setiap komputer klien agar bisa terhubung dengan server. Masuk ke bagian "Control Panel" jika komputer anda menggunakan sistem operasi Windows dan pilih "Network Setup Wizard. Hal ini akan secara otomatis mendeteksi jaringan yang ada dan jenis komputer yang terhubung pada server. Kemudian ikuti instruksi yang diberikan selanjutnya hingga proses pengaturan jaringan selesai. 

Yang perlu anda ingat ketika anda membangun dan menjalankan sebuah jaringan komputer, anda membutuhkan peralatan jaringan yang lebih canggih dan tangguh dari biasanya untuk menghindari terjadinya komputer klien tidak dapat terhubung ke server ataupun komputer klien tidak bisa mengakses internet, mengirim dan menerima data dan informasi dari dan ke server jaringan.

Sebagai contoh, kabel ethernet gigabit memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan kabel ethernet 10/100 Mbps. Hal ini juga harus dilakukan pada pemilihan komputer, hub, switch, kartu jaringan. tentu saja ini akan mengakibatkan biaya yang dibutuhkan menjadi lebih besar, tetapi keuntungannya adalah jaringan anda akan berjalan lebih baik, lebih cepat dan stabil.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 14.07

Blog Archive