Melindungi komputer dari serangan virus

Posted by

Jika saat ini anda berfikir kalau komputer anda sedang diserang oleh virus, melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk membersihkan sistem komputer anda dapat menghindari komputer tersebut diserang virus di kemudian hari.

Panduan :

  • Berhati-hatilah untuk menerima perangkat penyimpan data portabel dari orang lain, seperti usb flash disk, disket, kartu memori untuk dimasukkan ke komputer anda. 
  • Jangan gunakan kembali perangkat penyimpan data portabel tersebut, jangan mendownload file dari website yang tidak aman, dan tidak membuka lampiran email yang tidak jelas, kecuali anda memang menginginkan lampiran tersebut. Berhati-hatilah terhadap email dan lampiran yang tidak jelas pengirimnya dan menampilkan kalimat-kalimat yang menggoda anda untuk membukanya, seperti "Lihat Gambar ini!".
  • Gunakan program aplikasi antivirus yang dapat memeriksa file pada media penyimpanan portabel, file yang didownload dari internet dan memeriksa file lampiran pada email. 
  • Jika sistem operasi komputer anda telah terkena serangan virus, kunjungi website yang menyediakan program aplikasi antivirus yang up to date, instal antivirus tersebut dan kemudian jalankan. Program tersebut mungkin sudah tidak bisa menghapus virus yang menyerang sistem anda, tetapi paling tidak dapat mendeteksi dan mengidentifikasi adanya virus di sistem operasi komputer anda. 
  • Cari di internet informasi yang detail mengenai virus yang menyerang sistem komputer anda, dengan mengetikkan nama virus yang telah terdeteksi dan teridentifikasi sebelumnya melalui mesin pencari, untuk mengetahui program aplikasi antivirus yang dapat menghapus virus tersebut.
  • Download dan instal program aplikasi antivirus yang dapat menghapus virus yang menyerang sistem komputer anda dari website hasil pencarian anda sebelumnya. Ikuti instruksi bagaimana cara menghapus virus yang menyerang sistem komputer anda yang diberikan oleh penyedia program aplikasi antivirus tersebut.
  • Jalankan program aplikasi antivirus tersebut untuk membersihkan dan menghapus virus yang menyerang sistem komputer anda.

Berhati-hatilah terhadap file-file dengan format yang tidak jelas yang masuk ke dalam komputer anda sebelum anda membukanya. Pastikan file tersebut memang anda butuhkan untuk pekerjaan anda, kalau tidak, sebaiknya anda menghapus file tersebut untuk menghindari sistem komputer anda dari serangan virus.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.56

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive