Keuntungan dan kerugian jaringan komputer

Posted by

Jaringan komputer telah banyak digunakan dalam bisnis, kantor dan juga rumah. Instalasi jaringan komputer apakah itu dalam lingkup LAN, MAN dan WAN memiliki sejumlah keuntungan bagi penggunanya, tetapi kita juga harus mengetahui apa yang menjadi kerugian atau kelemahan sebuah jaringan komputer.

  • Berbagi file (Sharing File). Dengan adanya jaringan komputer, setiap pengguna akan mendapatkan kemudahan untuk berbagi file, printer dan yang lainnya. Dengan mengakses satu komputer dalam sebuah jaringan, pengguna akan memiliki akses ke semua sumber daya yang ada pada jaringan tersebut. Pengguna komputer dalam jaringan langsung dapat membuka file, mencetak dokumen, mengirim dan menerima file tanpa harus meninggalkan meja mereka.
  • Biaya lebih kecil. Dengan adanya jaringan komputer, pengguna bisa menghemat biaya untuk pembelian perangkat keras seperti printer, scanner atau mesin fotocopy. Tidak perlu membeli satu perangkat untuk setiap komputer, cukup membeli 1 atau 2 buah dan membaginya dalam jaringan agar dapat dipakai bersama-sama. 
  • Kemananan. Pemilik jaringan dapat menginstal program aplikasi keamanan yang akan melindungi semua informasi tentang jaringan dan komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut. Administrator juga dapat mengubah pengaturan untuk setiap komputer, sehingga beberapa pengguna dapat memiliki hak akses yang lebih banyak dari pengguna yang lain. Administrator juga dapat menghentikan akses jaringan jika mendeteksi adanya gangguan keamanan pada jaringan tersebut.
  • Serangan Virus. Salah satu kelemahan atau kerugian dari jaringan komputer adalah jika sebuah komputer terkena serangan virus, akan cepat menyebar ke seluruh komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut. Sehingga dapat mengganggu pekerjaan setiap pengguna komputer dalam jaringan.
  • Downtime. Downtime juga merupakan resiko dalam sebuah jaringan komputer. Jika sebuah komputer mengalami masalah, maka tidak akan mempengaruhi komputer yang lain. Tapi jika server jaringan, switch, router atau perangkat jaringan lainnya mengalami masalah, seluruh jaringan akan terpengaruh. 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.32

Blog Archive