Fungsi memori (RAM) komputer

Posted by

Memori komputer atau RAM (Random Access Memory) memproses setiap bit data komputer menggunakan kecepatan dan konsistensi yang luar biasa. Memori komputer atau RAM dirancang dengan cermat dan menggunakan teknologi yang canggih dan salah satu perangkat terpenting agar komputer dapat berjalan.

Sejarah

Iterasi pertama dari RAM didasarkan pada sifat-sifat magnet pada ferit dengan mengubah polaritas material dan menyimpan data berdasarkan kondisi setiap inti ferit dalam bentuk matriks.

Keuntungan

RAM memenuhi kebutuhan akan memori perantara antara hard disk yang memiliki kapasitas besar tapi lambat dengan CPU yang yang cepat tetapi memiliki registri yang terbatas. RAM meningkatkan kinerja sistem dengan berperan sebagai perantara untuk hard disk dan CPU komputer dan menjaga data dapat selalu diakses oleh keduanya.

Fungsi

Komputer modern memuat semua file sistem dan file program yang digunakan serta semua data yang terkait dengan setiap pengoperasian file-file tersebut ke dalam RAM. Misalnya ketika menulis surat di program Office Word, data dalam surat tersebut, dan file yang mendukung sistem operasi dimuat dalam RAM komputer dari hard disk. Kemudian dari RAM file-file tersebut dimuat ke CPU dan dikembalikan ke RAM ketika dioerasikan.

Jenis-jenis RAM

Ada banyak jenis RAM, tergantung prosesor dan motherboard yang digunakan, seperti SD-RAM, DDR-RAM, DDR2-RAM, DDR3-RAM. RAM juga memiliki ukuran dan kapasitas yang berbeda, misalnya DDR RAM 512 Mb, 1GB, 2GB, 4GB dan yang lainnya. Semakin tinggi kapasitasnya, semakin cepat pula performa dari RAM tersebut saat menjalankan program pada komputer.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 14.06

Blog Archive