Dasar - dasar untuk keamanan internet

Posted by

Internet dapat menjadi sumber informasi yang luar biasa tetapi bisa juga menjadi tempat yang berbahaya. Pencurian data, predator seksual dan hacker komputer adalah beberapa hal yang berbahaya di dunia maya. Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat anda beraktifitas di Internet,  ada beberapa aturan dasar yang perlu anda ketahui untuk menggunakan Internet dengan aman.

Menjaga Privasi Anda

Banyak pengguna komputer mengalami hal-hal yang negatif di internet karena mereka terlalu memberikan kebebasan bagi orang lain untuk mengakses informasi pribadi mereka. Untuk itu sebaiknya anda menjaga privasi anda saat beraktifitas di internet dengan cara jangan pernah memberikan nama lengkap, nomor telepon, alamat fisik atau informasi pribadi lainnya kepada orang lain yang tidak anda kenal sama sekali.

Berhati-hati saat melakukan transaksi keuangan online

Jika anda melakukan aktifitas belanja online di internet, sebaiknya anda berbelanja di toko-toko online yang benar-benar dipercaya dan sudah terkenal, seperti Amazon dan eBay. Dan saat melakukan transaksi keuangan, gunakan perantara yang sudah terkenal kapabilitasnya seperti PayPal. Saat anda memasukkan informasi keuangan anda, pastikan website toko online tersebut menggunakan teknologi sistem keamanan yang canggih dan aman. Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah pada saat anda masuk dengan akun anda di website toko online tersebut, anda akan melihat di kolom browser anda, alamat website mereka dimulai dengan "https", bukan "http".

Berkomunikasi dengan orang yang anda kenal

Jika anda menggunakan website sosial media dan chatting seperti Facebook, Twitter, Yahoo! Messenger dan yang lainnya, sebaiknya anda berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang yang anda kenal. Hati-hati dengan orang asing yang ingin berkomunikasi dengan anda, dengan cara tidak terlalu mudah terpengaruh untuk memberikan informasi pribadi anda.

Virus, Spyware dan Hacker

Instal program aplikasi yang dapat menjaga kemanan komputer anda, seperti anti virus dan anti spyware yang sudah terjamin kualitasnya. Baca panduan dan deskripsi tentang program aplikasi yang akan anda instal, agar mengetahui fitur keamanan apa saja yang diberikan oleh program aplikasi tersebut.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 13.58

Blog Archive