Dasar - dasar jaringan komputer

Posted by

Jaringan komputer memungkinkan beberapa komputer untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya, seperti mengirim dan menerima gambar, video; berkirim email dan yang lainnya. Setiap komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan memiliki alamat yang unik yang disebut alamat IP (IP Address) yang membungkinkan komunikasi tersebut dapat berlangsung.

Sejarah

Kebutuhan untuk sebuah sistem protokol Internet muncul pada pertengahan tahun 1990an, sejalan dengan pertumbuhan Internet yang semakin pesat. Orang-orang mulai menggunakan internet untuk keperluan bisnis, penelitian, berhubungan dengan teman dan keluarga.

Tipe

Klasifikasi untuk jaringan komputer melibatkan teknologi yang digunakan untuk membangun jaringan tersebut. Tipe jaringan komputer ini termasuk jaringan dengan kabel dan jaringan tanpa kabel atau wireless. Jaringan kabel menggunakan kabel ethernet untuk melakukan hubungan dalam jaringan tersebut, sementara jaringan wireless menggunakan frekuensi radio.


Keuntungan dan Kelemahan

Keuntungan jaringan yang menggunakan kabel adalah, koneksi yang terjadi dalam sebuah jaringan lebih stabil dan aman. Sementara jaringan wireless (nirkabel) lebih menawarkan fleksibilitas, karena anda dapat terhubung dengan jaringan wireless dimana saja jika anda memiliki perangkat Wi-Fi. Tetapi jaringan wireless memiliki kelemahan, yaitu jika posisi anda jauh dari posisi router yang menyediakan koneksi wireless, maka koneksi yang anda dapatkan juga tidak secepat jika anda dekat dengan posisi router.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.01

Blog Archive