Dasar - dasar Internet



Ketika mempelajari dasar-dasar komputer, ada kemungkinan bahwa pengguna akan diarahkan ke internet. Belajar dasar-dasar penggunaan internet sangat penting untuk belajar tentang penggunaan komputer. Setelah seseorang belajar tentang cara menggunakan internet yang benar, ia akan lebih siap untuk mengetahui apa yang harus dilakukan pada saat menghadapi masalah.
Bagaimana mendapatkan akses Internet

Setiap komputer rumah terhubung ke Internet melalui layanan penyedia Internet atau ISP. Akses koneksi ke internet dapat dilakukan dengan menggunakan modem, baik dengan kabel atau tanpa kabel (wireless). Koneksi internet tersebut dapat berupa koneksi dial-up, adsl, internet broadband maupun wireless.

Web Browser

Setelah koneksi internet anda dihubungkan melalui modem yang telah ditetapkan, informasi yang diterima dari internet perlu diinterpretasikan (diartikan) dengan software (program aplikasi) khusus yang disebut web browser. Apabila sistem operasi komputer anda berbasis Microsoft Windows, web browser sudah terinstal otomatis saat anda menginstal Windows, sehingga langsung dapat digunakan, yaitu Internet Explorer (IE). Selain itu masih banyak lagi program aplikasi web browser yang dapat anda instal dan gunakan di komputer anda, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Flock dan yang lainnya.

Membuka web browser

Untuk membuka web browser, klik dua kali ikon web browser tersebut pada desktop komputer anda. Saat anda pertama kali membukanya anda akan diarahkan ke halaman utama web browser tersebut atau Home Page, yang telah ditetapkan secara otomatis sebagai halaman default browser tersebut, tetapi anda juga dapat merubahnya sesuai dengan yang anda inginkan dan dapat dilakukan melalui bagian Preferences.

Menggunakan web browser

Di bagian atas halaman browser anda akan melihat kolom yang panjang yang biasanya memiliki serangkaian huruf di dalamnya dan dimulai dengan http://. Kolom tersebut adalah kolom alamat. Di kolom tersebutlah anda memasukkan alamat website yang ingin anda kunjungi, jika sebelumnya anda sudah mengetahui alamat website apa yang akan anda kunjungi. Setiap alamat website biasanya dimulai dengan http://, lalu www dan nama website. Jika anda tidak tahu persis nama website yang ingin anda kunjungi, anda dapat menggunakan kolom pencarian untuk menemukannya.

Menggunakan kolom pencarian

Seperti pada IE dan Mozilla Firefox, anda dapat menemukan kolom pencarian di sisi kanan atas browser, sejajar dengan kolom alamat tetapi berukuran lebih kecil. Ketikkan kata kunci yang ingin anda cari pada kolom tersebut, kemudian tekan Enter pada keyboard atau klik tombol Go yang ada di sebelah kolom tersebut. Setelah itu akan dimunculkan daftar website apa saja yang berhubungan dengan kata kunci yang anda ketikkan sebelumnya. Anda cukup mengklik salah satu website yang ada pada daftar tersebut, maka anda akan diarahkan ke halaman baru yaitu halaman website yang anda klik tersebut.

Hyperlink

Saat anda melakukan pencarian pada kolom pencarian di web browser, maka akan ditampilkan daftar website yang berhubungan dengan kata kunci yang anda cari. Anda akan melihat judul website yang ada pada daftar tersebut ditulis dengan warna biru dan digarisbawahi, pada saat anda mengarahkan mouse anda diatasnya, kursor mouse berubah menjadi bentuk tangan yang menunjuk. Hal ini menunjukkan bahwa tulisan tersebut berisi hyperlink di dalamnya. Hyperlink adalah sumber utama navigasi di website dan bagaimana orang dapat mengunjungi halaman-halaman yang ada pada website.


 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors