Berbagai jenis jaringan komunikasi

Posted by

Masyarakat medern pada saat ini sudah bergantung pada jaringan komunikasi untuk mengirimkan informasi dengan orang lain. Manusia menggunakan jaringan komunikasi ini untuk bertukar informasi dan ide melalui sistem simbol, tulisan, sinyal dan suara. Jaringan menggunakan banyak alat bantu untuk mendistribusikan informasi tersebut, seperti televisi, radio dan komputer. Dan masyarakat menggunakan berbagai jenis jaringan untuk melakukan komunikasi tersebut.

Local Area Network (LAN)

Sebuah jaringan LAN adalah jaringan komputer yang terhubung dalam sebuah area yang tidak terlalu luas, seperti kantor atau sekolah. Semua komputer yang ada di area tersebut saling terhubung satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN melalui hub atau switch.

Wide Area Network (WAN)

Sebuah jaringan WAN adalah jaringan yang mencakup area atau daerah yang lebih luas dibandingkan LAN. Contohnya adalah Internet, yang bergantung pada jaringan global yang sangat besar dan memiliki server yang berfungsi untuk mengelola proses lalu lintas data dan informasi yang lebih besar dari seluruh dunia.

Telekomunikasi

Telekomunikasi adalah proses transmisi sinyal melalui jarak yang sangat besar, dan biasanya menggunakan gelombang elektromagnetik. Hal ini biasanya digunakan pada televisi, radio, telepon dan telepon seluler. Transmisi data komputer juga merupakan sebuah bentuk dari telekomunikasi.

Jaringan Wireless (Tanpa Nirkabel)

Jaringan wireless menyediakan trasmisi informasi dan konektifitas jaringan ke perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel. Contohnya adalah radio, dimana siaran radio dapat ditangkap oleh pendengar melalui sinyal frekuensi yang telah ditentukan. Jaringan internet hotspot dimana koneksi internet dapat diakses oleh pengguna yang ada pada area hotspot tersebut tanpa menggunakan kabel, melainkan menggunakan perangkat Wi-Fi. Proses pengiriman data dari ponsel yang satu dengan ponsel yang lainnya menggunakan koneksi Bluetooth juga dapat disebut sebagai jaringan wireless atau jaringan nirkabel.

Jaringan Satelit

Jaringan satelit dapat digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda. Perusahaan telekomunikasi menggunakan satelit untuk melakukan transmisi data dan suara pada telepon dan ponsel. Satelit juga digunakan untuk menyediakan informasi navigasi bagi perusahaan penerbangan, pengawasan militer dan informasi cuaca. Selain itu saat ini satelit juga digunakan oleh layanan televisi, radio dan untuk mendapatkan akses koneksi internet broadband.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20.45

Blog Archive