Apa yang dimaksud dengan "Gateway Timeout" ?

Posted by


Ada banyak kode kesalahan HTML pada saat mengakses halaman website, tetapi yang paling sulit dipahami adalah "Error 504: Gateway Timeout". Tidak seperti 404, yang hanya memberitahukan bahwa data yang kita minta tidak ada pada alamat IP, gatewaya timeout mengindikasikan masalah yang lain.

Gateway

Data dan halaman untuk setiap situs yang dikirim ke internet ada di komputer, yang dihubungkan ke internet melalui sebuah server atau router. Router ini dikenal dengan istilah "gateway", dan setiap permintaan data yang dikirim ke sebuah situs harus melewati server situs tersebut. Permintaan data juga dapat melewati beberapa server, terutama jika dua sistem yang saling berinteraksi berada jauh dari yang lain.

Timeout

Normalnya, komputer anda mengirimkan permintaan data melalui ISP anda, dikirimkan ke server tujuan, maka proses dan data dapat anda terima hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Jika server sebuah situs sedang mengalami lalu lintas data yang ramai atau padat, bandwith server mungkin tidak dapat menangani beban tersebut sehingga butuh waktu lebih untuk melakukan transfer data. Kemungkinannya, server situs tersebut mati.

Rekomendasi

Ketika anda mendapatkan kesalahan 504, tidak ada yang bisa anda lakukan karena mesalahnya ada pada server. Namun, gateway timeout juga dapat terjadi jika menggunakan server proxy, dimana alamat URL sebuah website tidak bisa diakses melalui alamat IP proxy tersebut, anda dapat mencoba menggunakan proxy yang berbeda.

Pemecahan Masalah

Untuk mengetahui awal masalah tersebut terjadi, coba untuk membuka situs yang lain. Ada kemungkinan anda tidak mendapatkan masalah yang sama. Anda juga dapat menggunakan perintah "tracert" untuk mengetahui darimana data akan anda dapatkan. Untuk menjalankan perintah tracert, ketik "cmd" pada kotak pencarian di menu "Start" Windows komputer anda, tekan "Enter" dan ketikkan "tracert <alamat sitys>" pada prompt "C:\>".  Dari server mana saja data anda dikirimkan akan ditampilkan pada prompt command tersebut. 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 14.07

Blog Archive